Melacak Sejarah dan Geopolitik Islam: Sebuah Tinjauan dalam Buku Karya Asep Achmad Hidayat

Cover Buku Studi Kawasan Dunia Islam karya Asep Achmad Hidayat. Foto: freefik.com

Bagikan:

Rekamjabar.com – Islam adalah agama yang banyak dianut oleh masyarakat dunia di berbagai kawasan. Sebagai agama yang cukup banyak dianut tentu Islam bukanlah agama yang baru terbit. Islam mempunyai khazanah sejarah dan kejayaan yang panjang pada masanya bahkan pada masa kejayaannya (The Golden of Age) Islam pernah menjadi pusat peradaban, ilmu pengetahuan bahkan pernah menguasai hampir satu per tiga dunia. Kejayaan tersebut menjadikan Islam hari ini tersebar di berbagai kawasan dunia dan mempengaruhi berbagai hal di dalamnya. Maka dari itu akan menarik jika kita mencoba mengkaji terkait studi kawasan dunia Islam yang tersebar di berbagai belahan dunia. Salah satu sejarawan yang menulis terkait studi kawasan dunia Islam adalah Dr. Asep Achmad Hidayat, M.Ag. yang merupakan seorang sejarawan sekaligus dosen senior di jurusan Sejarah Peradaban Islam UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Dosen yang kerap disapa dengan panggilan “abah” oleh para mahasiswa maupun dosen lainnya tersebut menulis sebuah buku yang berjudul “Studi Kawasan Dunia Islam: Sejarah, Teori, dan Pemetaan Kawasan”.

Baca Juga: Relevansi Teori Dialektika Hegel Pada Perlawanan Sukamanah

Sinopsis
Buku “Studi Kawasan Dunia Islam: Sejarah, Teori, dan Pemetaan Kawasan” karya Asep Achmad Hidayat menawarkan teori-teori dasar yang mendalam mengenai studi kawasan dan penerapannya dalam konteks dunia Islam. Dalam buku ini Asep Achmad Hidayat mengajak para pembaca untuk menjelajahi Studi Kawasan Dunia Islam (SKDI) melalui berbagai pendekatan yang mencakup banyak disiplin ilmu termasuk ilmu sosial, humaniora, ilmu politik, hubungan internasional dan studi bahasa.

Salah satu keunggulan dari buku ini adalah pemetaan kawasan dunia Islam dengan perspektif geopolitik, etnolinguistik serta mengkaji komunitas Muslim minoritas di berbagai belahan dunia untuk memahami lebih dalam tentang teori studi kawasan dunia Islam secara menyeluruh. Buku ini juga disusun dengan cara yang sistematis dan mudah dipahami. Selain itu, penyajian materi yang kompleks secara terstruktur menjadikannya sebagai sumber yang ilmiah, relevan serta menarik bagi para pembaca khususnya para akademisi dan peneliti yang ingin memahami lebih dalam tentang dinamika kawasan dunia Islam.

Baca Juga: Pendekatan Geopolitik dalam Studi Kawasan dan Komunitas Muslim Minoritas

Analisis
Buku “Studi Kawasan Dunia Islam: Sejarah, Teori dan Pemetaan Kawasan” merupakan kontribusi yang signifikan dalam literatur akademik mengenai studi kawasan. Buku ini mengisi kekosongan referensi dalam bahasa Indonesia dan memberikan wawasan yang mendalam tentang dunia Islam. Dengan integrasi teori dan pemetaan yang komprehensif, buku ini memberikan pemahaman yang lebih baik tentang tantangan dan dinamika yang dihadapi oleh komunitas Muslim di seluruh dunia.

Secara keseluruhan, buku ini merupakan referensi utama yang sangat direkomendasikan untuk mahasiswa, dosen, peneliti dan siapa saja yang tertarik mendalami studi kawasan dalam konteks Islam. Buku ini bukan hanya menawarkan pengetahuan teoritis tetapi juga memetakan berbagai pendekatan yang dapat digunakan dalam studi kawasan dunia Islam. Upaya ini memberikan kontribusi signifikan bagi pengembangan kajian akademis di Indonesia dan menjadi salah satu langkah awal untuk membentuk kesadaran akan pentingnya kajian interdisipliner dalam memahami dinamika dunia Islam.

Baca Juga: Mengenal Soewarsih Djojopoespito, Sastrawan Perempuan dari Tanah Sunda

Kutipan Menarik
Buku ini juga mencakup kutipan menarik seperti “Studi Kawasan adalah bidang interdisipliner yang luas, membuka pintu bagi penstudi untuk menjelajahi pembelajaran seumur hidup.” yang menunjukkan bahwa buku ini tidak hanya berfokus pada pengetahuan teoritis tetapi juga mendorong pembaca untuk terus belajar dan memahami kompleksitas dunia Islam dari berbagai perspektif. Asep Achmad Hidayat melalui buku ini memberikan kontribusi penting dalam memperkaya literatur akademik dan memfasilitasi pemahaman yang lebih mendalam mengenai dunia Islam.

Dengan demikian, buku “Studi Kawasan Dunia Islam: Sejarah, Teori, dan Pemetaan Kawasan” karya Asep Achmad Hidayat adalah sumber yang sangat ilmiah dan relevan bagi siapa saja yang tertarik dengan kajian Islam dan dinamika kawasan.

Keberhasilan penulis dalam menyajikan materi yang kompleks dengan cara yang terstruktur dan mudah dipahami menjadikan buku ini sebagai rekomendasi bagi khalayak umum, akademisi, mahasiswa maupun peneliti yang ingin mengetahui terkait sejarah dan geopolitik islam dari perspektif studi kawasan.

Penulis: Hisham Ibnu Ma’shum (Mahasiswa Sejarah Peradaban Islam UIN Sunan Gunung Djati Bandung)
Editor: Niko Prayoga

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top