Kodim 0615/Kuningan Gelar Apel Mitra Babinsa 2024, Bersama Rakyat TNI Kuat

Foto bersama Dandim 0615/Kuningan dengan peserta Apel Mitra Babinsa 2024. Foto: Istimewa.

Bagikan:

Rekamjabar.com (Kuningan) – Kodim 0615/Kuningan menggelar Apel Mitra Babinsa 2024 dengan tema “Bersama Rakyat TNI Kuat” di Lapangan Sepak Bola Kelurahan Ciporang Kabupaten Kuningan pada Minggu (11/02/24).

Apel kali ini merupakan Apel Mitra Babinsa yang kedua setelah apel pertamanya digelar pada Septemeber 2023 lalu. Apel Mitra Babinsa 2024 ini diikuti oleh sekitar 3.659 Mitra Babinsa Kodim 0615/Kuningan dari tiap desa dan kelurahan se-Kabupaten Kuningan. Turut hadir juga Dandim 0615 /Kuningan Letkol Inf Bambang Kurniawan SE, Kasdim 0615/Kuningan Mayor Inf Uci Karlan, Para Danramil jajaran Kodim 0615/Kuningan, Dansub Denpom Kuningan Letda CPM Suhaemi S.H dan Ketua Bawaslu Kab Kuningan Firman dalam Giat Apel Mitra Babinsa Kodim 0615/Kuningan 2024 ini.

Baca Juga: Animo Mitra Babinsa Begitu Kuat, Dandim: Bukti Nyata TNI Dicintai Rakyat

Dandim 0615 /Kuningan Letkol Inf Bambang Kurniawan S.E mengatakan bahwa Mitra Babinsa ini merupakan program TNI AD dalam pembinaan teritorial khususnya untuk berkolaborasi dengan masyarakat dan menjaga keamanan di wilayah Kabupaten Kuningan.

Dandim 0615 /Kng (Letkol Inf Bambang Kurniawan SE) saat memberikan arahan dalam Apel Mitra Bbainsa 2024. Foto: Istimewa.

“…ini merupakan salah satu program pembinaan teritorial TNI AD yang kita laksanakan untuk berkolaborasi dengan masyarakat dan menjaga keamanan di wilayah Kabupaten Kuningan. Dengan terbentuknya mitra-mitra Babinsa mulai dari tingkat RT, RW dan selanjutnya itu membantu kita mendapatkan informasi yang akurat. Keberadaan Kodim itu selalu berada di tengah-tengah kesulitan masyarakat, saya sendiri sering hadir, sering jadi penengah, sering jadi pencari solusi hal hal yang terbaik.” tuturya saat memberikan arahan dalam apel.

Ia juga mencontohkan beberapa kasus yang terjadi dan sudah berhasil ditangani oleh TNI seperti kasus antara masyarakat dengan pihak investor di daerah Bandorasa Kulon serta kasus konflik masyarakat dengan pihak desa di Karangbaru.

“Mungkin disini ada yang dari Bandorasa Kulon kemaren ada perusahaan besar yang akan investasi di Kabupaten Kuningan tetapi ada masalah-masalah sedikit, saya datang saya beri pengertian, akhirnya masalah itu selesai. Ada juga kantor desa yang digembok yang disegel di Karangbaru, Danramil sama kapolsek laporan tidak sampai 30 menit saya ngomong sama masyarakat akhirnya kantor desa itu dibuka kembali gemboknya.” ungkapnya.

Baca Juga: Kodim 0615 Kuningan dan Polres Kuningan Gelar Senam Bersama, Dandim: Upaya Jaga Kondusifitas Menjelang Pemilu

Hal itu bisa terjadi karena kehadiran TNI ditengah masyarakat membuat TNI juga dicintai oleh masyarakat.

“…kenapa hal itu bisa terjadi? karena mereka cinta dengan TNI, mereka sayang dengan TNI karena TNI selalu berada di tengah tengah masyarakat.” pungkasnya.

Maka dari itu ia mengajak Mitra Babinsa untuk bersinergi bersama TNI dan Babinsa untuk menjadi garda dalam menjaga stabilitas dan kondusifitas di tengah-tengah masyarakat khususnya di Kabupaten Kuningan.

“…makanya mulai hari ini saya mengangkat bapak ibu sebagai garda bersama TNI untuk menjaga stabilitas keamanan di Kabupaten Kuningan ini. Dulu ada filosofi yang mengatakan para Babinsa itu memiliki mata dan telinga yang sangat tajam bahkan katanya jarum jatuh saja di desa atau RT manapun para Babinsa pasti tahu. Kenapa? karena bapak dan ibu itulah yang memberitahu Babinsa, pasti Mitra Babinsa yang memberitahu. Nah oleh sebab itu mari kita tingkatkan sinergisitas kita anatra TNI dan Mitra Babinsa kita.” ujarnya.

Diakhir arahannya ia mengucapkan terimakasis kepada para Mitra Babinsa yang telah hadir dalam Apel Mitra Babinsa 2024 ini dan menghimbau kepada masyarakat agar tidak ragu dan tidak sungkan untuk melapor ke Kodim melalui Mitra Babinsa yang ada di setiap desa dan kelurahan di Kabupaten Kuningan.

“Saya mengucapkan terimakasih kepada bapak ibu semua semoga terjalinnya komunikasi antara kodim dengan masyarakat tetep terjaga. Jangan pernah sungkan-sungkan, jangan pernah ragu kalau ada masalah di RT di RW laporkan ke kita, saya nyatakan kalau memang Babinsa tidak bisa selesaikan, saya Dandim yang akan selesaikan itu, ya jangan ragu-ragu apapun bentuknya laporkan.” tutupnya. (niko)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top