Resmi!! Pengurus Baru Kamuning UIN Sunan Gunung Djati Bandung Dilantik

Bagikan:

Foto bersama para pengurus KAMUNING UIN Bandung Periode 2023-2024 bersama tamu undangan. Foto: Istimewa

Rekamjabar.com (Bandung) – Pengurus baru KAMUNING (Keluarga Mahasiswa Kuningan) Komisariat UIN Sunan Gunung Djati Bandung Periode 2023-2024 resmi dilantik di Sekretariat KMK Bandung Raya (Graha Darun Setiadi Purnama) Cibiru Wetan, Cileunyi Kabupaten Bandung Jawa Barat pada Minggu (24/12/23).

Pelantikan KAMUNING UIN Bandung ini dimaksudkan bukan hanya untuk melantik pengurus baru namun juga dimaksudkan sebagai simbolik serah terima jabatan dan estafeta kepemimpinan dari pengurus periode 2022-2023 yang diketuai oleh Dhiya Aulia Akmal kepada pengurus baru periode 2023-2024 yang diketuai oleh Danil Rizik Billah serta melakukan uprgading untuk pengurus baru agar lebih bersemangat, progresif dan solid dalam menjalankan kepengurusan dan berperan aktif dalam organisasi KAMUNING.

Gelar Musyawarah Anggota, KAMUNING UIN Bandung Akhirnya Punya Ketua Baru

Pelantikan Pengurus KAMUNING UIN Sunan Gunung Djati Bandung periode 2023-2024 ini turut dihadiri PJ Bupati Kuningan yang diwakili oleh Kabid Pembinaan SMP Dinas Pendidikan Kabupaten Kuningan Abidin, S.Pd.,M.Si. Selain itu turut juga dihadiri oleh Dewan Pembina KAMUNING Maman Lukmanul Hakim, M.Ag. dan Muhammad Ramdan, S.H., Demisioner Ketua KAMUNING Peridoe 2022-2023 Dhiya Aulia Akmal, para alumni KAMUNING UIN Bandung serta Organisasi Daerah lingkup UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

PJ Bupati Kuningan yang diwakili oleh Kabid Pembinaan SMP Dinas Pendidikan Kabupaten Kuningan Abidin, S.Pd. dalam sambutannya menyampaikan selamat kepada pengurus baru dan berterimakasih serta mengapresiasi kepada pengurus sebelumya. Ia juga mengatakan bahwa KAMUNING merupakan organisasi pemuda yang berperan penting dan dapat berperan aktif dalam untuk pembangunan daerah khususnya dalam pembangunan sumber daya manusia di Kabupaten Kuningan.

“Saya mengucapkan selamat kepada pengurus KAMUNING periode 2023-2024 dan terimakasih juga kepada pengurus lama atas dedikasi dan loyalitasnya untuk memajukan organisasi, kami juga sangat mengapresiasi itu semua. KAMUNING merupakan organisasi pemuda yang berperan penting dalam pembangunan Kuningan, oleh karena itu saya berharap pengurus KAMUNING yang baru dapat berperan aktif dalam pembangunan daerah khususnya dalam pembangunan sumber daya manusia.” ungkapnya pada sesi sambutan.

Selain itu ia juga mengajak KAMUNING untuk bersinergi dengan pemerintah dalam membangun sumberdaya manusia di Kabupaten Kuningan melalui beberapa bentuk kerjasama diantaranya membantu pemerintah daerah dalam sosialisasi program ruang pembangunan sumberdaya manusia, mendorong pemuda untuk berpartisipasi dalam program-program pembangunan sumberdaya manusai serta memrumuskan dan mengusulkan program-program sumberdaya manusia yang sesuai dengan kebutuhan para pemuda itu sendiri. Ia juga berharap dengan kerjasama, kerja keras dan dedikasi yang tinggi pengurus KAMUNING bisa menjadi pelopor dalam membangun sumebrdaya manusia di Kabupaten Kuningan.

“Untuk membangun sumberdaya manusia di Kabupaten Kuningan, kami mengajak pengurus KAMUNING untuk bersinergi dengan pemerintah Kabupaten Kuningan dan diharapkan dari kerjasama yang dibangun, pengurus KAMUNING dapat memberi kontribusi maksimal untuk pembangunan sumberdaya manusia. Contoh kontribusi yang dapat diberikan antara lain membantu pemerintah daerah dalam penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan bagi pemuda seperti pelatihan keterampilan, kewirausahaan dan kepemimpinan. Selanjutnya mendorong pemuda untuk aktif dalam kegiatan-kegiatan positif seperti kegiatan sosial, budaya dan olahraga. Terakhir, membantu pemerintah daerah dalam mempromosikan potensi dan pemuda Kabupaten Kuningan.” pungkasnya.

Senada dengan pesan PJ Bupati Kuningan Dewan Pembina KAMUNING Maman Lukmanul Hakim, M.Ag juga menyampaikan bahwa KAMUNING harus terus eksis dan dapat berkontribusi aktif bagi budaya dan bangsa. Disamping itu ia juga mengingatkan para pengurus baru terkait moto KAMUNING yaitu intelektual, integritas dan solidaritas agar dipertahankan.

“…saya berharap bahwa keberadaan KAMUNING harus tetap eksis dan berkontribusi positif pada budaya bangsa kita, salah satu kontribusi positif KAMUNING untuk bangsa adalah kegiatan Baksos atau BPLC (Bulan Peduli Lemah Cai) di Kabupaten Kuningan dan itu program yang berkesinambungan dan konsisten dilakukan KAMUNING. Kemudian temen-temen harus selalu ingat moto kita tetap ya IIS (Intelektualitas, integritas dan solidaritas) itu harus dipertahankan. Intelektualitas menjaga spirit kita sebagai mahasiswa, kedua integritas hari ini di dunia ini integritas itu sesuatu yang mahal dan sangat berharga karena orang tuh akan dihargai karena integritasnya dan terkahir solidaritas kita pertahankan tingkat solidaritasnya saling menguatkan supaya teman teman bisa maju bersama dan bergerak bersama.” ujarnya.

Sesi Pelantikan Pengurus KAMUNING UIN Bandung Periode 2023-2024. Foto Istimewa

Ucapan selamat dan harapan terus berkembangnya KAMUNING UIN Bandung juga datang dari Demisioner Ketua KAMUNING Peridoe 2022-2023 Dhiya Aulia Akmal.

“…saya ucapkan terimakasih juga kepada dulur-dulur semua yang ikut dalam kepengurusan periode kemarin, yang mana sekarang melanjutkan lagi di kepengurusan selanjutnya dibawah naungan Ketua Danil Rizik Billah. Harapannya semoga pengurus semua dapat berinovasi dalam upaya menjalankan amanah organisasi kemudian dulur-dulur semua juga dapat mengembangkan keilmuannya, untuk menjalankan program-program yang ada di kepengurusan organsasi KAMUNING nanti.” Ungkap Dhiya saat sesi sambutannya.

Menyikapi banyaknya harapan kemajuan KAMUNING yang datang dari berbagai pihak Ketua Umum KAMUNING UIN Bandung Periode 2023-2024 Danil Rizik Billah mengajak seluruh pengurus dan anggota untuk sama-sama berperan, berproses dan meningkatkan kulaitas diri bersama KAMUNING untuk kemajuan KAMUNING dan juga Kabupaten Kuningan sesuai harapan yang diutarakan oleh PJ Bupati Kuningan, Dewan Pembina KAMUNING dan demisioner.

“…dulur-dulur semuanya ini adalah sebuah gerbang awal untuk kita berproses, untuk kita bisa berjuang, untuk kita bisa mendedikasikan ilmu kita untuk daerah Kabupaten Kuningan, Karena kita juga sebagai mahasiswa punya peran penting bagi Kabupaten Kuningan. Kedua saya harap dulur-dulur semunya bisa menjaga semangat aktif, bisa semangat dalam berorganisasi, dalam berjuang bersama menjalankan sebuah kewajiban kita sebagai mahasiswa juga. Apa yang ingin kalian bawa, cantumkan apa yang ingin kalian kerjakan, ciptakan, inovasikan dan juga ide ide kreatif untuk KAMUNING.” ungkap Danil.

Acara kemudian ditutup dengan doa bersama, musafahah serta foto bersama dengan tamu undangan yang hadir. Setelah itu acara dilanjutkan dengan upgrading kepengurusan mengenai Kepemimpinan, Manajemen dan Organisasi yang akan diisi oleh pemateri dari dewan pembina KAMUNING UIN Sunan Gunung Djati Bandung. (niko)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top