Gelar PTPM, MA Plus Ar-Ruhama Latih Siswa Terjun Ke Masyarakat

Bagikan:

Siswa Bersama Guru dan Tamu Undangan dalam Pembukaan PTPM. Foto: Istimewa

Rekamjabar.com (Kuningan) – MA Plus Ar-Ruhama menggelar Program PTPM (Program Ta’aruf dan Pengabdian Masyarakat) di Desa Bojong Kecamatan Cilimus Kabupaten Kuningan.

PTPM sendiri merupakan program tahunan perdana yang diluncurkan oleh MA Plus Ar-Ruhama tahun 2023. Kegiatan ini berbentuk pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh santri atau siswa MA Plus Ar-Ruhama kelas 12 dan dilakukan di satu wilayah di Kabupaten Kuningan yang telah disepakati bersama oleh para guru.

PTPM ini sendiri dilakukan berdasarkan visi misi dan moto MA Plus Ar-Ruhama yaitu Solih, Pintar, Terampil, Da’I Dsiplin serta Ilmiyah Qur’aniyah dan Akhlakulkarimah. Selain itu kegiatan ini juga mengacu kepada Peraturan Presiden No. 87 Tahun 2017 Tentang Pengaturan Pendidikan Karakter.

Kegiatan ini bertujuan untuk melatih dan membina santri akhir kelas 12 MA Plus Ar-Ruhama agar tumbuh rasa persaudaraan, kebersamaan serta terwujudnya santri yang produktif, edukatif, kreatif, inovatif serta menjunjung nilai-nilai yang baik secara Ilmiyah Qur’aniyah maupun Akhlakulkarimah di masyarakat.

Pada gelaran perdananya di tahun 2023 ini PTPM MA Plus Ar-Ruhama diikuti oleh 10 santri atau siswa kelas 12 dan dilaksanakan selama enam hari dari tanggal 11-16 Desember 2023. Sasaran tempatnya adalah Desa Bojong Kecamatan Cilimus Kabupaten Kuningan dengan mengambil tema “Membangun Jiwa Produktif, Edukatif Dan Kreatif Guna Bermanfaat Bagi Masyarakat”.

Agenda yang dilakukan santri atau siswa dalam PTPM ini diantaranya adalah kegiatan silaturahmi tokoh, pemberdayaan UMKM atau Home Industry, mengajar santri TPA diponpes Miftahulkaromah, olahraga bersama masyarakat, bakti sosial, cek Kesehatan gratis, bazar dan beberapa kegiatan yang di inisiasi oleh santri atau siswa.

Pihak MA Plus Ar-Ruhama berharap kegiatan ini bisa bermanfaat bagi Masyarakat dan khususnya bagi para santri yang menjadi peserta PTPM agar bisa melatih diri dna terbiasa terjun ke masyarakat untuk menerapkan ilmu yang telah mereka timba selama bersekolah di MA Plus Ar-Ruhama. (niko)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top