Gelar Musyawarah Luarbiasa, KMK Bandung Raya Kini Punya Ketua Baru

Foto bersama Sekertaris Daerah Kabupaten Kuningan Dian Rachmat Yanuar, M.Si. dengan para peserta musyawarah pada saat pembukaan. Foto: Istimewa.

Bagikan:

Rekamjabar.com (Kuningan) – KMK (Keluarga Mahasiswa Kuningan) Bandung Raya menggelar Musyawarah Luarbiasa dengan tema “Meneguhkan Kembali Peran KMK Bandung Raya sebagai Katalisator yang Solid dan Visioner” di Ruang Badan Anggaran Gedung DPRD Kaupaten Kuningan pada Sabtu (06/01/24).

Musyawarah tersebut digelar demi merevitalisasi estafet kepemimpinan KMK Bandung Raya yang sempat vakum kurang lebih selama dua tahun dengan harapan terjalinnya sinergitas dan konsolidasi antar komisariat Keluarga Mahasiswa Kuningan di setiap kampusnya.

Turut hadir agenda tersebut diantaranya KAMUNING UIN Bandung, KEMAPASKU Univeristas Pasundan, IKMK Politeknik Bandung, GAMAKU Universitas Padjajaran, KAMIKU ITB dan Mahasiswa Kuningan Universitas Islam Nusantara (Uninus) dll.

Ada beberapa rangkaian acara dalam agenda musyawarah tersebut diantaranya adalah pemaparan tentang KMK Bandung Raya, pandangan umum komisariat-komisariat, penyamaan persepsi bersama terkait arah gerak serta pemilihan ketua umum KMK Bandung Raya periode 2024-2025.

Musyawarah tersebut dibuka secara langsung oleh PJ Bupati Kuningan yang diwakili oleh Sekertaris Daerah Kuningan Dian Rachmat Yanuar, M.Si. Dalam kesempatan sambutannya ia memberikan motivasi kepada peserta musyawarah sebagai mahasiswa agar memiliki bekal yang cukup sebagai mahasiswa untuk kedepannya.

Dian Rachmat Yanuar, M.Si. (Sekertaris Daerah) Kabupaten Kuningan sedang memberikan motivasi sekaligus membuka acara Musyawarah Luarbiasa KMK Bandung Raya. Foto: Istimewa.

“…ini sangat penting untuk melanjutkan organisasi dan untuk pengembangan diri sebagai mahasiswa. Ya memang mahasiswa seperti ini harus punya dinamika, jadi saya pesen ke adek-adek saya motivasi jadi mahasiswa itu harus memiliki kriteria 4C yang pertama critis, kedua colaboration punya kemampuan berkolaborasi bekerjasama hari ini adek-adek mahasiswa gabung dalam organisasi KMK ini merupakan satu buah modal penting bagaimana kita meningkatkan kapasitas meningkatkan kemampuan kolaborasi. Ketiga adalah comunication dan terakhir creative. Nah untuk membentuk semua itu salah satunya dengan kita berhimpun berorgansiasi.” tuturnya.

Disamping itu senada dengan motivasi dari Sekertaris Daerah Kuningan Dian Rachmat Yanuar M.Si. perwakilan alumni KMK Bandung Raya Muhammad Nursidik juga mengatakan bahwa kondisi KMK Bandung Raya hari ini menjadi tugas kita untuk melanjutkan estafeta kepemimpinan serta membangun sinergitas sehingga bisa menjadi seorang yang berkembang melalui organisasi untuk melahirkan gagasan dan program yang mampu meningkatkan pembangunan yang ada di Kabupaten Kuningan.

“…ini menjadi sebuah tugas bagi kita semua untuk melanjutkan estafet kepengurusan atau kepemimpinan organsiasi di KMK Bandung Raya. Tinggal bagaimana nanti kita sebagai mahasiswa, melahirkan gagasan dan program yang mampu meningkatkan pembangunan yang ada di Kabupaten Kuningan. Terselenggaranya kepengurusan baru setelah beberapa tahun terakhir mengalami kekosongan tapi ini menjadi bahan refleksi untuk kita kembali mengeratkan visi kita, tujuan kita kedepan membawa nama baik Kuningan.” ungkapnya.

Musyawarah Luarbiasa KMK Bandung Raya kali ini menghasilkan beberapa point diantaranya keluarnya Fakta Integritas KMK Bandung Raya dan terpilihnya Mentari Agustiani sebagai Ketua Umum KMK Bandung Raya Periode 2024-2025.

Mentari Agustiani seorang mahasiswa jurusan psikologi dan berasal dari komisariat KAMUNING UIN SGD Bandung. Ia terpilih sebagai Ketua Umum KMK Bandung Raya Periode 2024-2025 dengan visi yang ditawarkan yaitu “Terwujudnya KMK Bandung Raya sebagai Organisasi yang Bersinergi, Solutif Adaptif dan Terarah”.

Foto bersama Mentari Agustiani (Ketua Umum KMK Bandung Raya 2024-2025) bersama para peserta musyawarah. Foto: Istimewa.

“Saya ucapkan terimakasih kepada seluruh element yang telah hadir dan mensukseskan acara musyawarah luar biasa ini, terimakasih sudah memberikan amanah dan kesempatan bagi saya menjadi formatur terpilih ketua umum KMK Bandung raya, besar harapan saya KMK Bandung Raya bisa menjadi organisasi yang bersinergi, solutif, adaptif dan terarah serta bisa bersinergi dengan komisariat, bersinergi dengan pemerintah daerah.” ungkap Mentari.

Selain itu ia juga mengajak seluruh komisariat untuk ikut berkontribusi dalam menjalankan dan memajukan KMK Bandung Raya.

“Saya juga memohon dukungan dan kontribusi dari para komisariat semua. Karna meskipun sudah ada ketua tapi saya tidak bisa sendiri saya butuh juga partisipasi dengan semuanya.” pungkasnya.

Terpilihnya Mentari Agustiani sebagai Ketua Umum KMK Bandung Raya Periode 2024-2025 menuai banyak ucapan selamat dan sukses dari berbagai kalangan mulai dari pemerintahan daerah, DPRD, organisasi daerah, kalangan mahasiswa, paguyuban sampai organisasi kepemudaan.

Adapun fakta integritas yang dihasilkan dari musyawarah tersebut diantaranya:

Fakta Integritas KMK Bandung Raya

Kami segenap keluarga besar KMK Bandung Raya telah berkomitmen untuk:

1. Menjaga nama baik organisasi KMK Bandung Raya dan Komisariat.
2. Menjaga nama baik Kabupaten Kuningan
3. Menjaga tali silaturahmi antar Mahasiswa Kuningan di Wilayah Bandung Raya.
4. Ikut serta dalam berbagai program dan kegiatan KMK Bandung Raya.
5. Mengedepankan moto KMK Bandung Raya yakni “Intelektualitas, Integritas dan Solidaritas”.
6. Menjaga independensi etis organisasi dan tidak terlibat dalam setiap kegiatan partai politik.

Agenda musyawarah ini ditutup dengan foto bersama dan musofahah dengan seluruh peserta musyawarah yang hadir. (niko)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top