Caleg DPR RI Effect: Gerindra Tertinggi, Legislatif Daerah Rendah

Foto: Istimewa.

Bagikan:

Rekamjabar.com (Kuningan) – Hasil rilis survei di Kabupaten Kuningan dari Jamparing Research terbaru menunjukkan bahwa Partai Gerindra menempati posisi elektabilitas tertinggi untuk calon DPR RI dengan raihan skor sebesar 23,9 persen, sementara legislasi daerah kabupaten terlempar urutan ke lima dengan skor 12,7%.

Hal itu disampaikan pada acara konferensi pers oleh peneliti muda Jamparing Research Tio Heriana di Kuningan, Sabtu (13/1/2024).

Elektabilitas tertinggi kedua caleg DPR RI ditempati oleh PKS dengan elektabilitas sebesar 14,9 persen, disusul oleh PKB dengan elektabilitas sebesar 13,0 persen dalam peta elektoral tokoh caleg DPR RI potensial yang disodorkan melalui pertanyaan tertutup.

“Jika pemilihan umum (pemilu) diadakan sekarang untuk caleg DPR RI (pusat) partai apa yang akan anda pilih,” kata Direktur Jamparing Research Tio Heriana.

Di bawah tiga Parpol tersebut, PDIP menempati urutan keempat dengan elektabilitas sebesar 12,9 persen, disusul Nasdem dengan raihan 7,9 persen, lalu partai Golkar sebesar 7,8 persen dan PPP dengan elektabilitas sebesar 6,8 persen.

Kemudian raihan elektabilitas berturut-turut berikutnya ditempati oleh PAN sebesar 4,7 persen, lalu Demokrat 3,7 persen dan PSI 0,8 persen. Sedangkan, pemilih yang belum menentukan pilihan sekitar 3,4 persen.

“Temuan menarik dalam survei ini adalah elektabilitas partai Gerindra tertinggi untuk caleg DPR RI hanya saja terlempar rendah untuk DPRD Kabupaten,” ungkapnya.

Rilis survei Jamparing Research satu bulan menjelang Pemilu 2024 itu dilakukan dengan metode penarikan acak bertingkat (multistage random sampling).

Profil responden yang dijadikan sampel adalah tidak tamat SD 2,9%, SD/MI 26,5%, SLTP 16,3%, SLTA 40,4%, Lulusan S1 12,8% dan Pasca Sarjana 1,2%. (hafidz) 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top