Jelang Pilkada Kota Bandung 2024, Bawaslu Kota Bandung Ajak Maysarakat Ikut Mengawasi

Kordiv Pencegahan, Parmas dan Humas Bawaslu Kota Bandung, Bayu Muhammad. Foto: bandung.go.id.

Bagikan:

Rekamjabar.com (Bandung) – Menjelang pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 2024, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Bandung mengajak masyarakat untuk ikut mengawasi setiap tahapan Pilkada 2024. Hal tersebut disampaikan langsung oleh Kordiv Pencegahan, Parmas dan Humas Bawaslu Kota Bandung, Bayu Muhammad pada Bandung Menjawab di Balai Kota, Kamis (13/06/24).

Bayu mengatakan, “Masyarakat dapat melaporkan dugaan pelanggaran melalui pengawas partisipatif. Kami menerima semua laporan. Ini untuk mendukung sukses Pilkada 2024,” ujar Bayu.

Baca: Bawaslu Kota Bandung Ajak Masyarakat Berpartisipasi Aktif Awasi Tahapan Pilkada

Kordiv Pencegahan, Parmas dan Humas Bawaslu Kota Bandung, Bayu Muhammad saat mengisi Forum Bandung Menjawab pada Kamis, (13/06/24). Foto: bandung.go.id.

Dia menambahkan, “Sekarang kita memasuki pembentukan badan adhoc, ada pengawasan secara melekat dari Bawaslu untuk perekrutan Pantarlih. Misalnya, ada joki Pantarlih yang memastikan seluruh masyarakat apakah Pantarlih benar-benar datang ke rumahnya.” tandas Bayu.

Baca Juga: Pj Wali Kota Cimahi Ajak Masyarakat Kawal Pilkada 2024

Ia mengharapkan bantuan dari masyarakat untuk menjadi berani atau melaporkan pelanggaran atau ketidaksesuaian data.

Selain itu, ia menyatakan bahwa indeks kerawanan Pemilu Kota Bandung sangat rendah, yang disebabkan oleh kerja sama dan kolaborasi seluruh pihak yang diperlukan untuk menjamin pelaksanaan Pemilu dan Pilkada aman dan lancar.

Baca Juga: Netralitas ASN di Pilkada 2024

Di Bandung, ada sebelas tanda kerawanan pemilihan termasuk money politic, netralitas ASN, daerah rawan bencana dan hoaks. Ia juga menyampaikan, dalam waktu dekat, Forkopimda Kota Bandung akan mendeklarasikan netralitas ASN untuk mengurangi kerawanan Pilkada. (rob/niko)

3 thoughts on “Jelang Pilkada Kota Bandung 2024, Bawaslu Kota Bandung Ajak Maysarakat Ikut Mengawasi”

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top