Audiensi dengan Kamuning, PJ Bupati Harap Bisa Berkolaborasi dengan Mahasiswa

Keluarga Mahasiswa Kuningan (KAMUNING) UIN Sunan Gunung Djati Bandung berfoto bersama Pj Bupati Kuningan Raden Iip Hidayat, Selasa (6/2/2024). Foto: Istimewa.

Bagikan:

Rekamjabar.com (Kuningan) – Keluarga Mahasiswa Kuningan (Kamuning) UIN Sunan Gunung Djati Bandung melakukan audiensi kepada Pemerintah Kabupaten Kuningan dalam rangka memperkuat silaturahmi antar mahasiswa dengan para pemangku kebijakan, Selasa (6/2/2024).

Audiensi yang berlangsung di ruang kerja bupati itu turut dihadiri beberapa pihak diantaranya Pj Bupati Kuningan Raden Iip Hidayat, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Uu Kusmana, Ketua Umum Keluarga Mahasiswa Kuningan Bandung Raya (KMK-BR), dan beberapa pengurus Kamuning. Selain itu, para mahasiswa tersebut juga didampingi oleh alumni Kamuning Aris Heryana.

Selain bersilaturahmi, para mahasiswa juga memperkenalkan berbagai program mereka di Kamuning utamanya program-program yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat. Ketua Umum Kamuning Danil Rizik Bilah mengatakan bahwa dalam waktu dekat mereka sedang melaksanakan program Kamuning Goes To School.

“Ada beberapa program yang akan kami laksanakan dalam waktu dekat, salah satunya adalah kegiatan KAMUNING Goes To School. Melalui kegiatan ini, kami harap calon-calon mahasiswa khususnya di daerah terpencil mengetahui bahwa akses untuk berkuliah di Bandung terutama di UIN Sunan Gunung Djati itu cukup mudah. Dan ada banyak anggota KAMUNING sendiri yang berhasil mendapatkan beasiswa sehingga mampu memberikan bimbingan kepada para calon mahasiswa yang khawatir akan biaya pendidikan,” ucap Danil.

Raden Iip Hidayat selaku Pj Bupati Kuningan merespon program-program yang disampaikan dengan positif, dirinya memiliki harapan yang besar terhadap Kuningan agar sesegera mungkin naik kelas dalam berbagai aspek. Ia mengatakan bahwa peran mahasiswa sangat penting dalam proses pembangunan Kabupaten Kuningan, selain itu ia juga mengingatkan bahwa edukasi terhadap pentingnya pendidikan kepada masyarakat adalah tanggung jawab bersama.

“Berkumpul bersama masyarakat dan mengajak anak SMA untuk berani berkuliah di luar Kuningan merupakan salah satu upaya yang dapat dilakukan oleh mahasiswa. Terdapat beberapa rencana untuk Kuningan kedepannya, yaitu dengan mendatangkan orang luar dari Kuningan. Maksud datang dalam hal ini ialah mendatangkan para pariwisata baik untuk menginap, berkuliner, atau datang ke tempat rekreasi. Di samping itu Kuningan juga sudah diekspos sebagai Kabupaten Pendidikan. Merupakan tanggung jawab kita semua selaku warga Kuningan untuk merealisasikan dari Kabupaten Pendidikan itu dengan mengedukasi warga Kuningan untuk bersekolah setidaknya sampai jenjang SMP dan akan lebih bagus lagi jika sampai jenjang perkuliahan,” kata Iip.

Setelah berdiskusi mengenai berbagai program dari mahasiswa maupun pemerintahan, Raden Iip Hidayat mengapresiasi program kerja yang ditawarkan para mahasiswa dalam upaya kontribusi untuk membangun Kuningan. Bahkan, Raden Iip mengatakan bahwa dirinya tertarik untuk berkolaborasi dalam berbagai program tersebut di masa yang akan datang. (hafidz)

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top