Yosa Octora Bina Pemuda Remaja Mesjid se-Kab.Kuningan, Beri Pesan Pentingnya Pembentukan Karakter dan Softskill

Bagikan:

Foto bersama A Yosa dengan para peserta dan pengurus BKPRMI Kuningan. Foto: Istimewa

Rekamjabar.com (Kuningan) – Anggota Komisi I DPRD Provinsi Jawa Barat H.Yosa Octora Santono, S.Si.,M.M. sekaligus Calon Anggota Legislatif DPR-RI Dapil X (Kuningan, Ciamis, Banjar dan Pangandaran) menghadiri agenda Pembinaan Pemuda Remaja Masjid Se-Kabupaten Kuningan yang digelar oleh BKPRMI (Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia) Kabupaten Kuningan, bertempat di Grage Resort Sangkan, Kab.Kuningan pada Rabu (20/12/23).

Tokoh muda sekaligus Pembina BKPRMI yang akrab disapa A Yosa itu hadir membuka secara resmi kegiatan tersebut.

Dalam sambutannya A Yosa menyampaikan penguatan karakter pemuda dan remaja sebagai calon pemimpin masa depan. Ia mengungkapkan bahwa pemuda dan remaja hari ini adalah mereka yang akan menjadi pemimpin dan mengisi peran serta posisi penting di masa depan. Oleh karena itu sangat penting pembentukan karakter sedari awal kepada pemuda dan remaja hari ini.

“… saya selaku pembina BKPRMI yakin adik-adik semua yang ganteng-ganteng, cantik-cantik yang hadir disini adalah para pengganti kami yang di depan nantinya. Kita gak tahu, mungkin bakal ada yang jadi anggota dewan, bupati, atau jadi Ketua BKPRMI mungkin. Tapi insyaallah Kabupaten Kuningan tidak pernah habis kadernya di Nasional.” ungkapnya.

Ia juga menegaskan pentingnya pembentukan karakter pada pemuda dan remaja salah satunya melalui pembentukan softskill yang akan menjadikan pemuda dan remaja hari ini menjadi bagian dari SDM (Sumberdaya Manusia) yang berkualitas untuk masa depan. Ia juga menegaskan bahwa pemuda harus menjadi tolak ukur untuk kemajuan keluarga dan umumnya bagi masyarakat.

“Jadi adik-adik semua kita harus bangga menjadi pemuda, terlepas dari definisi pemuda itu apa, yang terpenting sebenarnya adalah bagaimana kalian bisa membentuk karakter sedemikian rupa supaya bisa tampil nanti kedepannya. Nah… salah satu unsur yang bisa membentuk karakter pemuda adalah dengan mempunyai softskill yang baik seperti contohnya public speaking dan bahasa”.

“salah satu softskillnya itu adalah bagaimana menguasai bahasa, utamanya tiga: satu bahasa Indonesia, kedua bahasa terpenting bahasa second language nya adalah bahasa Sunda bahasa Sundanya juga harus bagus dan yang terakhir adalah bahasa ibu. Tiga aja itu dulu sebelum belajar bahasa lain, sebagai bahasa dasar dan mengeksplore karena bahasa adalah membuka cakrawala kita tentang pengetahuan. Itu kunci dalam menghadapi dunia yang baru nanti apalagi dibebani dengan tugas dan fungsi sepuluh sampai dua belas tahun kedepan. Karena kalian-kalian yang nanti mimpin anak-anak muda yang jumlahnya banyak banget, kalian pemuda harus menjadi tolak ukur minimal untuk keluarganya, maksimalnya untuk masyarakat.” pungkasnya.

Dr. Insan Nulyaman, M.Pd.i selaku Ketua BKPRMI Kuningan mengucapkan banyak terimakasih kepada A Yosa karena berkenan hadir langsung sebagai pembina sekaligus narasumber untuk berbagi ilmu dengan BKPRMI. Ia juga mengatakan bahwa agenda ini merupakan agenda yang sudah direncanakan oleh BKPRMI Kuningan dengan tujuan agar terjalinnya silaturahmi serta merumuskan rencana progresifitas kedepannya untuk kemajuan pemuda dan remaja masjid se-Kabupaten Kuningan. Selain itu ia juga berharap materi yang telah disampaikan oleh A Yosa bisa membangkitkan semangat para peserta untuk terus maju.

“…ya tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menjalin silaturahmi sekaligus nanti di akhir kegiatan ini ada perancangan RTL (Rencana Tindak Lanjut) yang akan kami fasilitasi dan agenda kali ini sangat istimewa karena dihadiri oleh A Yosa sebagai pembina sekaligus Anggota Komisi I DPRD Jabar yang insyaallah akan naik menjadi Anggota DPR RI Dapil Jabar X. Kami sangat senang dan mengucapkan terimakasih sebesar-besarnya kepada A Yosa sebagai pembina berkenan hadir dan berbagi ilmu dengan kita. Kami harap materi yang telah disampaikan beliau bisa membangkitkan semangat peserta untuk kemajuan pribadi, keluarga, bangsa dan negara.” ungkapnya.
Dirda Bidang LPPDSDM (Lembaga Pembinaan dan Pengembangan Dakwah Sumber Daya Manusia) BKPRMI Kuningan Asep Usamah, M.Pd.I juga menegaskan kepada para peserta agar mempersiapkan diri selama pembinaan agar bisa membawa bekal ilmu dan gagasan sebagai promotor di daerah masing-masing.

“…silahkan temen-temen pemuda pemudi ramaja masjid bisa mempersiapkan diri, apa sejatinya yang harus kita siapakan sebagai seorang remaja masjid ketika datang ke desanya masing-masing.

Selanjutnya ia juga mengucapkan terimakasih kepada A Yosa yang telah berkenan hadir dan mendukung agenda pembinaan ini. Ia mengatakan ilmu yang dibagikan A Yosa merupakan sebuah kebermanfaatan untuk masyarakat khususnya anak muda. Ia juga berharap kebermanfaatan itu tidak berhenti sampai disini dan mengalir dengan majunya beliau di DPR RI Dapil Jabar X.

“…acara kali ini selalu didukung oleh pak dewan yang hadir hari ini, ada A Yosa. Maka dari itu saya ucapkan terimakasih kepada A Yosa yang sudah membersamai kita sehingga kita bisa melaksanakan agenda ini. Semoga kebermanfaatan yang beliau tebarkan kepada kita hari ini terus berlanjut, Kita doakan semoga beliau tetap sehat dan insyallah bisa membersamai kita juga di acara-acara berikutnya ketika beliau sudah di DPR-RI Pusat.” pungkasnya. (niko/m.ramdan)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top