Tina Wiryawati Maju Di Pileg 2024, Lanjutkan Program Pro Rakyat Dan Sejahterakan Rakyat Dapil Jabar 13

Bagikan:

Tina Wiryawati (Anggota Komisi 1 DPRD Provinsi Jawa Barat Dapil Jabar 13). Foto: Istimewa

Rekamjabar.com (Kuningan) – Anggota Komisi 1 DPRD Provinsi Jawa Barat Tina Wiryawati kembali maju di Pileg 2024 dan siap melanjutkan kembali program pro rakyat serta mensejahterakan rakyat Dapil Jabar 13.

Anggota legislatif dari partai gerindra tersebut kembali maju sebagai Calon Anggota Legislatif DPRD Provinsi Jawa Barat dari Dapil Jabar 13 yang meliputi Kuningan, Ciamis, Kota Banjar dan Pangandaran. Tina mengaku siap kembali melanjutkan program pro rakyat yang sudah ia jalankan sebelumnya dan mengaku siap mensejahterakan rakyat terutama rakyat kecil dan khususnya masyarakat Dapil Jabar 13. Itulah yang menjadi beberapa alasan Tina untuk kembali maju di Pileg 2024 nanti.

“Mudah-mudahan program yang saya usulkan bisa terus dilanjutkan dan direalisasikan khususnya di wilayah Dapil Jabar 13.” Ungkap Tina.

Di Periode 2019-2024 memang Tina Wiryawati banyak melakukan besutan program konkrit dalam beberapa bidang seperti bidang pariwisata dan pengembangan sumberdaya manusia, selama ia menjabat sebagai Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat ia banyak turun kepada masyarakat dan membantu merelaisasikan porgram peningkatan wisata dan sumber daya manusianya. Salah satu hasil kerjanya adalah Wisata Sawah Lope di Desa Cikaso Kecamatan Kramatmulya Kabupaten Kuningan yang diinisasi langsung oleh Tina.

Selain itu ia juga mengadakan program “Tri in One” yaitu program yang dimaksudkan untuk pengembangan sumberdaya manusia dalam bidang pariwisata. Program ini menggandeng kerjasama dengan berbagai pemeirntah daerah dan juga Kampus STIEPARI (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pariwisata Indonesia). Program ini merupakan program beasiswa untuk kalangan muda lulusan SMA/SMK untuk berkuliah di STIEPARI sembari bekerja dan kemudian setelah itu akan disalurkan secara langsung oleh STIEPARI kepada perusahaan-perusahaan. Program ini dimaksudkan utamanya untuk mengembangkan sumberdaya manusia dalam bidang pariwisata serta mengurangi angka pengangguran.

“Pas tahun 2020 saya banyak mendapat keluhan bahwa banyak orang yang menganggur di masa covid 19, itu yang bikin hati saya terketuk dan akhirnya mengkonkretkan program Tri in One ini dan bekerjasama dengan STIEPARI yang mempunyai program yang cocok dengan Tri in One ini.” Papar Tina kepada awak media.

“Kalau penempatan kerjanya itu sudah diatur sama STIEPARI, ini menurut saya langkah konkret untuk meningkatkan SDM Pariwisata dan mengurangi angka pengangguran serta memberikan fasilitas kepada lulusan SMA/SMK untuk berkuliah sambil bekerja. Di Kuningan saja sudah banyak yang mengikuti program ini.” Sambungnya.

Pengembangan SDM juga Tina lakukan dalam ranah ekonomi salah satu programnya adalah Pelatihan Barista dibawah naungan TWC (Tina Wiryawati Center) yang mana program tersebut dilaksanakan di Kota Banjar pada tahun 2021.

“Alhamdulillah, dari pelatihan itu banyak pemuda yang membuka usaha baru hingga membuka outlet, salah satu contohnya ada Suryatman yang berhasil menjalankan usaha minuman dan makanan dengan brand Asep Thai Tea.” Tuturnya.

Selain program dalam bidang pengembangan sumberdaya manusia dan pariwisata Tina juga mengadakan program di bidang pertanian dan kesehatan. Dalam bidang pertanian pada 2021 ia berkeinginan untuk budidaya Tanaman Nilem yang menjadi nilai ekonomis dan mengajak masyarakat untuk kembali membangkitkan budidaya Tanaman Nilem ini.

“Dulu Nilam itu sempat booming dan menjadi nilai ekonomis bagi masyarakat, namun ada hal yang sempat tidak diteruskan oleh masyarakat, makanya saya mengajak kembali kepada masyarakat untuk membangkitkan bidudaya Nilam lagi agar menjadi nilai ekonomis.” Ungkapnya.

Dalam bidang kesehatan Tina juga menjabat sebagai Ketua KESIRA (Kesahatan Indonesia Raya) yang merupakan organisasi sayap dari Partai Gerindra yang konsern pada pelayanan kesehatan bagi masyarakat. Selain itu juga ia tidak lepas dari bekerjasama dengan TWC. Salah satu program yang telah dilaksanakan adalah pendampingan bagi ODGJ (Orang Dalam Gangguan Jiwa).

“Alhamdulillah untuk layanan kesehatan masyarakat, saya dan Tim TWC tidak berhenti bergerak untuk masyarkat. Salah satunya yaitu pendampingan ODGJ sampai kami antar ke rumah sakit di Cirebon.” Ujar Tina.

Disamping berbagai program diatas Tina juga berperan dalam pengesahan Perda (Peraturan Daerah) Lansia dan Odong-Odong (Kereta Wisata) agar bisa memiliki aksesibilitas ke tempat wisata. Selain itu ia juga berperan sebagai inisiator Kuningan Bebas Sampah. Pada 2021-2022 ia membuat pelatihan di Kuningan dan beberapa kabupaten lainnya tentang bagaimana mengelola sampah agar menjadi pemasukan bagi masyarakat.

Untuk saat yang menjadi fokus program Tina adalah terkait UMKM. Ia melihat UMKM merupakan penopang perekonomian masyarakat khususnya di desa. Tina bersama Tim TWC mengadakan pembinaan untuk UMKM yang ada di Dapil Jabar 13. Itulah beberapa diantara program yang telah dan sedang dilaksanakan oleh Tina Wiryawati.

Sementara ketika ditanya soal pemilihan presiden dirinya mempunyai motivasi untuk mendukung Prabowo Subianto yang merupakan Ketua Umum Partai Gerindra sendiri.

“Motivasi saya berjuang untuk kemenangan Pak Prabowo sebagai Presiden Republik Indonesia 2024-2029…” Ungkap Tina. (niko)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top