PJ Bupati Kuningan Mengajak Masyarakat untuk Menjaga Budaya

PJ Bupati Kuningan saat diwawancarai rekamjabar setelah menjadi narasumber di BSA tentang Ketahanna Budaya. Foto: Rekamjabar.com/niko.

Bagikan:

Rekamjabar.com (Kuningan) – PJ Bupati Kuningan Raden Iip Hidajat mengajak para pemuda dan warga Kuningan untuk menjaga budaya Kuningan.

Hal itu disampaikan langsung olehnya saat disambangi oleh rekamjabar setelah selesai menjadi narasumber dalam acara talkshow yang digelar oleh Komunitas BSA (Barisan Sunda Asli) dengan tema “Ketahanan Budaya, Bagaimana Peran Serta Pemerintah dalam Mengelola, Menjaga, Melestarikan dan Mempromosikan Budaya Lokal” yang berlokasi di Pos 1 Pendakian Gunung Ciremai via Linggasana pada Minggu (04/02/24).

Ia mengatakan bahwa dalam mempertahankan budaya pemerintah tidak bisa sendirian, namun juga harus dibantu oleh masyarakatnya untuk mempertahankan kearifan lokal yang ada, maka ia mengajak kepada seluruh warga Kuningan agar sama-sama bisa melestarikan kearifan lokal yang sudah ada di daerah masing-masing di Kabupaten Kuningan.

“…orang Kuningan itu 60% gunungnya gunung Ciremai nah itu yang harus kita lihat bagaimana kita mempertahankan kearifan lokal yang ada salah satunya gunung ini yang memebrikan kita air, kehidupan pokonya segalanya lah…” ujarnya.

Selain itu ia juga berpesan kepada generasi muda agar harus bisa bersikap santun sesuai dengan papatah Sunda “Some Hade Kasima” dan harus bisa peduli kepada budaya itu sendiri serta menjadi teladan bagi yang lainnya.

“…kita nitip kepada generasi muda ini, kan desa tuh banyaknya generasi muda pemerhatinya, yang pertama bagaimana dia harus menjadi orang yang santun karena orang Sunda kan “some hade kasima”, itu harus dipertahankan turun temurun. Kedua mereka juga saya minta harus aware atau perhatian dan ketiga saya minta jadi teladan, teladan tuh apa? ya memberi contoh kepada yang lain juga. Jadi jangan hanya sekedar berwacana atau berbicara saja, kan ada kalimat bijak nya “Akan diturut satu perbuatan yang baik daripada seribu nasihat yang baik.” ungkapnya.

Terakhir ia juga mengajak kepada seluruh warga masyarakat Kuningan untuk menjaga budaya Kuningan yang sudah ada dan luarbiasa ini.

“….ya di kami juga ada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, ini bentuk perhatian pemerintah bahwa budaya itu bagian integral dari pembangunan bangsa. Oleh sebab itu saya mengajak kepada warga Kuningan mari budaya yang sudah linuhung ini kita jaga bersama. Karena saya juga baru dua bulan disini baru tahu ternyata di cibuntu itu ada situs ya ternyata situs itu jauh sebelum itu sudah ada. Artinya sudah ada peradaban, ketika bicara peradaban kan bicara kehidupan artinya ya itu turun temurun harus dijaga ya kearifan lokalnya, kebaikannya kebermanfaatannya jadi mari kita jaga budaya kuningan yang sudah luar biasa ini.” pungkasnya. (niko)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top