Pansus III DPRD Jabar Lakukan Rapat Kerja Bersama BRIN KSTOR Pangan, Bahas Pupuk Hingga BRIDA

Pansus III DPRD Jabar melaksanakan Rapat Kerja bersama BRIN KSTOR . Foto : rekamjabar/mr

Bagikan:

Rekamjabar.com (Kab.Bogor) – Anggota Panitia khusus (Pansus) III DPRD Provinsi Jawa Barat H.Yosa Octora Santono bersama rombongan melakukan rapat kerja dengan BRIN (Badan Riset Inovasi Nasional) KSTOR Pangan dan Ketahanan Pangan OR Pertanian, bertempat di Gedung KST Soekarno, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor. Senin (10/06/2024).

Yosa mengatakan bahwa ada perbedaan soal penelitian pengembangan pupuk dari BRIN dengan gagasan pengembangan pupuk dari DPRD Jabar dan Provinsi Jawa Barat.

“BRIN ternyata mengembangkan pupuk non organik sedangkan kami (DPRD Jawa Barat) memiliki semangat untuk mengembangkan pupuk-pupuk organik,” ujarnya.

hal tersebut didasarkan pada kondisi tanah di Jawa Barat yang kesehatannya sudah tidak seperti dulu lagi.

“BRIN masih memakai pupuk yang bukan organik padahal terbatas, tapi mereka itu cukup menguat karena kerja pupuk juga ceritanya masalah kesehatan tanah, tanah di kita tidak lagi seperti dulu mereka sedang riset,” ungkapnya

hasil rapat kali ini akan meningkatkan rencana pembangunan riset daerah atau Brida yang bakal ada di Jawa Barat selangkah lebih maju.

“Karena bisa jadi masyarakat itu sebetulnya ada temuan-temuan tapi sampai saat ini tidak diapresiasi oleh pemerintah dan ada sebuah target bahwa pendanaan brida kedepan ini sebagaimana ada di Lampung kemudian di Papua Barat itu sampai ke angka 1% dari APBD,” imbuhnya.

“Hal ini artinya berani, mereka siap mengaktualisasi dari riset-risetnya itu intinya untuk pembangunan peningkatan PAD ataupun riset-riset yang bisa dikembangkan di Kota Kabupaten,” pungkasnya.

1 thought on “Pansus III DPRD Jabar Lakukan Rapat Kerja Bersama BRIN KSTOR Pangan, Bahas Pupuk Hingga BRIDA”

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top