Ngaber: Bukber Ala HMI Bahas Hukum dan HAM dalam Cybercrime

Foto bersama HMI Cabang Kuningan. Foto: Istimewa.

Bagikan:

Rekamjabar.com (Kuningan) – Bidang Hukum dan HAM HMI Cabang Kuningan menggelar Agenda NGABER “Ngabuburit dan Buka Puasa Bersama” di sekretariat bersama HMI KAHMI pada Kamis (21/3/2024) kemarin. Agenda tersebut digagas dalam rangka memeriahkan semarak Ramadhan dengan Kajian yang bertemakan Hukum dan HAM terkait Cyber Crime.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Iman Jalaludin Rifa’i selaku narasumber, dan Pengurus Cabang serta 5 Komisariat HMI di Kuningan yaitu Komisariat FE Uniku, Komisariat Unisa, Komisariat AMF, Komisariat Stiku, dan Komisariat FKIP Uniku.

Disamping memeriahkan semarak Ramadhan dan membangun kembali sinergritas HMI Sewilayah Cabang Kuningan pada periode kepengurusan baru, kegiatan ini  juga meningkatkan daya kritis kader khusus di bidang Hukum dan HAM terkait Cyber Crime.

Dalam Pembahasannya, Iman menyampaikan materi Terkait Hak Asasi dan Hak digital yang melekat pada setiap diri manusia sebagai warga negara sesuai dengan pasal 28E dan Pasal 28F. Pria yang akrab disapa Pak ustad Iman ini menegaskan bahwa kita sebagai agen kritisasi harus mampu memberikan inovasi-inovasi kritisasi yang membangun dan solutif.

Sesuai dengan Undang-Undang Nomor 01 Tahun 2024 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik, kita diberikan kebebasan berekspresi terutama dalam mengelola ITE tersebut. Namun kebebasan itu harus bisa dibarengi opini yang mempunyai landasan jelas dan menyejukan.

Ketua Umum HMI Cabang Kuningan, Eka Kasmarandana mengatakan bahwa acara tersebut merupakan kegiatan pertama HMI Cabang Kuningan pada bulan puasa. Ia berharap dengan semarak ramadan, silaturahmi dapat terjalin dengan penuh berkah.

“Agenda ini menjadi ajang silaturahmi seluruh kader HMI di wilayah kerja Cabang Kuningan, dan sangat mengapresiasi kegiatan ini, harapan kedepanya HMI mampu memberikan hasil pemikiran-pemikirannya yang kritis maupun akademis untuk setiap persoalan dan permasalahan yang ada di wilayah Kabupaten Kuningan serta memberi solusi untuk kemajuan dan kemaslahatan masyarakat,” kata Eka. (hafidz)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top