Mirna: Penyedia Jasa Tukar Uang THR di Pinggir Jalan

Mirna dan penyedia jasa tukar uang THR lainnya berdiri di pinggir jalan untuk menawarkan penukaran uang di Jl. Merdeka Kota Bandung, Sabtu (17/4/2023). Foto: M. Ramdan/Rekamjabar.com

Bagikan:

Rekamjabar.com (Bandung) – Menjelang Hari Raya Idul Fitri, banyak orang yang rela mengantre berjam-jam di Bank Indonesia (BI) hanya untuk menukarkan uang THR. Mereka menukarkan uang untuk dibagikan kepada sanak saudara pada saat Hari Raya.

Terkecuali Mirna, ia rela mengantre berjam-jam dari pagi hingga siang untuk menukar uangnya di Bank Indonesia (BI) bukan untuk dibagi-bagikan kepada sanak saudara. Mirna menukarkan uangnya hanya untuk ditukarkan kembali pada orang lain.

Mirna sadar bahwa tidak semua orang rela dan sudi mengantre berjam-jam hanya untuk menukarkan uang. Berangkat dari peluang yang ada, ia lantas membuka jasa penukaran uang THR di pinggir jalan raya.

Tidak perlu antre, dan anti ribet, Mirna menawarkan penukaran uang untuk THR dengan serba instan. Mirna biasa dijumpai di pinggir Jalan Merdeka di samping kantor Wali Kota Bandung mulai pagi hari sampai malam hari.

Uang yang disediakan Mirna untuk ditukar yaitu mulai dari pecahan Rp 1.000, Rp 2.000, Rp 5.000, Rp 10.000, Rp 20.000. Bahkan tak jarang Mirna rela mengantre lagi di Bank Indonesia (BI) jika ada pesanan uang baru pecahan Rp 50.000 dan Rp 100.000. Sebagai bayarannya, Mirna akan meminta komisi 10% dari total uang yang ditukar.

Menurut Mirna, penghasilan dari jasa tukar uang THR bisa mencapai belasan bahkan puluhan juta rupiah. Tidak jarang juga ada yang sengaja menambah modal mereka jika pesanan melebihi jumlah modal yang dimilikinya.

“Teman lainya ada yang modal Rp 100 juta. Biasanya jika sudah habis sebelum¬†Lebaran akan tambah modal lagi,” ujar Mirna.

Tidak hanya menukarkan uang secara tunai, Mirna juga menerima uang digital dari berbagai platform yang didukung Quick Response Code Indonesian Standard atau yang biasa disingkat QRIS.

Menurutnya, pecahan uang yang paling banyak peminatnya adalah pecahan uang Rp 5.000 dan Rp 10.000.

(Hafidz)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top