Ini Harapan PJ Walikota Bandung Terkait Kenaikan Tarif Layanan Puskesmas

PJ Walikota Bandung (Bambang Tirtoyuliono) saat monitoring ke Puskesma Caringin Kota Bandung. Foto: Istimewa

Bagikan:

Rekamjabar.com (Bandung) – PJ Walikota Bandung Bambang Tirtoyuliono menghimbau kepada seluruh Puskesmas di Kota Bandung agar memberikan pelayanan yang baik dan maksimal usai dinaikannya tarif pelayanan Puskesmas di Kota Bandung per 05 Januari 2024.

Diketahui memang tarif pelayanan Puskesmas di Kota Bandung naik lima kali lipat dari tarif awal tiga ribu rupiah menjadi lima belas ribu rupiah.

Dilansir dari Pemkot Bandung kenaikan tarif tersebut berdasarkan Perda Nomor 01 Tahun 2024 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah. Selain itu melonjaknya harga obat dan alat kesehatan juga menjadi salah satu faktor kenaikan tarif pelayanan. Hal itu diterangkan langsung oleh Kepala Dinas Kesehatan Kota Bandung Anhar Hadian.

“Tarif lama itu berdasarkan Perda Tahun 2010, berati sudah 14 tahun. Sementara harga obat, alat kesehatan dan lain-lainnya setiap tahun juga naik.” ujar Anhar Hadian.

Namun kenaikan tarif pelayanan tersebut diklaim tidak akan berpengaruh terhadap masyarakat Kota Bandung utamanya pengguna BPJS dan UHC.

Menanggapi hal tersebut PJ Walikota Bandung Bambang Tirtoyuliono mengatakan bahwa kenaikan tarif tersebut akan disesuaikan dengan dengan kualitas dan pelayanan sepadan yang didapat masyarakat. Hal itu ia sampaikan ketika disambangi awak media saat monitoring di Puskesmas Caringin Kota Bandung pada Rabu (11/01/24).

“…beberapa pasien BPJS yang kami jumpai tidak terdampak kenaikan tarif ini.” ujarnya.

Ia juga berharap tidak ada keluhan dari masyarakat baik dari segi pelayanan, kebersihan keramahan dan lainnya usai dinaikannya tarif pelayanan Puskesmas.

“Sejauh ini kami belum dengar ada keluhan dan tentunya kami berharap tidak ada keluhan.” pungkasnya.

1 thought on “Ini Harapan PJ Walikota Bandung Terkait Kenaikan Tarif Layanan Puskesmas”

  1. Pingback: Polresta Bandung Lakukan Rekayasa Lalulintas Akibat Jalan Terendam Banjir

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top