Hari Pers Nasional 2023: Sejarah, Tema dan Logo

Logo Hari Pers Nasional 2023

Bagikan:

rekamjabar.com – Hari ini merupakan peringatan Hari Pers Nasional 2023 yang bertepatan dengan hari jadi Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), Kamis (9/2/2023).

Pada tahun ini, Hari Pers Nasional dipusatkan di Medan, Sumatera Utara. Dilansir dari laman Pusat Informasi Hari Pers Nasional 2023, disebutkan bahwa kegiatan Hari Pers Nasional akan diisi dengan berbagai kegiatan, seperti workshop, seminar, dan berbagai acara dialog.

Sejarah Hari Pers Nasional

Sejarah penetapan Hari Pers Nasional pada 9 Februari tidak dapat terlepas dari berdirinya PWI pada 9 Februari 1946. Dalam Kongres PWI ke-28 di Padang, Hari Pers Nasional menjadi salah satu topik pembahasan.

Topik tersebut dicetuskan oleh banyak tokoh pers nasional dengan tujuan adanya Hari Pers Nasional sebagai salah satu pengingat akan kehadiran dan peran pers nasional. Selanjutnya, penetapan Hari Pers Nasional secara resmi diatur dalam Keputusan Presiden (Keppres) RI No.5 tahun 1985.

Tema dan Logo Hari Pers Nasional 2023

Dalam Hari Pers Nasional 2023, tema yang diusung adalah “Pers Merdeka, Demokrasi Bermartabat”. Sedangkan, logo Hari Pers Nasional 2023 berupa pita yang memiliki warna merah pada huruf H dan N. Kemudian, huruf P yang berada di bagian tengah berwarna-warni dan beratut dengan huruf H dan N. Sementara itu untuk maskot Hari Pers Nasional 2023 adalah harimau yang mengenakan baru oholu dan memegang pena merah, serta berkalung kamera.

Makna Logo Hari Pers Nasional 2023

– Huruf (P) yang berwarna-warni dimaknai sebagai keragaman komponen pers, sekaligus menegaskan kemeriahan peserta.

– Untaian pita yang membentuk HPN dimaksudkan sebagai lambang pesta raya masyarakat pers, sedangkan jalinan pita dimaknakan sebagai sinergi antar komponennya.

Makna Maskot Hari Pers Nasional 2023

– Baru oholu merupakan pakaian adat dari Nias yang melambangkan kekuatan, keberanian, dan kapabilitas para prajurit yang harus menjiwai pers nasional.

– Harimau sebagai fauna khas Sumatera yang dilindungi.

– Pena merah sebagai simbol kerja-kerja pers di tanah air dalam meningkatkan kompetensi.

– Kamera sebagai salah satu alat jurnalistik yang menggambarkan teknologi dalam jurnalistik.

Demikian seluk-beluk Hari Pers Nasional 2023.

3 thoughts on “Hari Pers Nasional 2023: Sejarah, Tema dan Logo”

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top