Gempa Skala Besar Guncang Turki dan Suriah, Korban Terus Bertambah

Reruntuhan bangunan akibat gempa di Matlaya, Turki (via BBC)

Bagikan:

rekamjabar.com – Gempa berkekuatan 7,8 magnitudo mengguncang Turki dan Suriah pada pukul 04:17 waktu Turki dengan kedalaman 17,9km dekat Kota Gaziantep pada Senin (6/2/2023).

Otoritas terkait menyebutkan lebih dari 76 orang meninggal di Turki dengan dampak gempa mencapai 10 kota termasuk Kota Diyarbakir. Sementara itu, di Suriah korban mencapai 230 orang tewas.

Dilansir dari BBC Indonesia, setidaknya terdapat 50 bangunan yang hancur di bagian tenggara Turki tepatnya di Kota Osmaniye dan Kota Sanliurfa.

Sampai saat ini, tim penyelamat terus dikerahkan untuk mencari korban selamat di bawah puing-puing atau reruntuhan bangunan serta korban meninggal. Diperkirakan korban meninggal dalam kejadian ini akan terus bertambah.

Menurut keterangan seorang pria, gempa berkekuatan besar ini mengguncan perbatasan Turki dan Suriah selama kurang lebih satu menit. “Saya belum pernah melihat yang seperti ini dalam hidup saya. Kami bergoyang hampir satu menit,” ujar Nilüfer Aslan melalui BBC.

Menteri Dalam Negeri Turki, Suleymon Soylu mengatakan 10 kota terdampak gempa: Gaziantep, Kahramanmaras, Hatay, Osmaniye, Adiyaman, Malatya, Sanliurfa, Adana, Diyarbakir dan Kilis.

Sementara itu, Badan Survei Geologikal Amerika Serikat menyebutkan getaran gempa terasa sampai ibu kota Ankara, dan kota lainnya di Turki

Sumber: BBC Indonesia

(Hafidz)

3 thoughts on “Gempa Skala Besar Guncang Turki dan Suriah, Korban Terus Bertambah”

  1. Pingback: Tiga WNI Dilaporkan Terluka Akibat Gempa di Turki -

  2. Pingback: WHO Prediksi Korban Gempa di Turki dan Suriah Bisa Capai 20 Ribu Orang -

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top