Gelar Try Out UMPTKIN dan Seminar Beasiswa, Iip Apresiasi Kamuning

Peserta Try Out UMPTKIN bersoto bersama panitia, dan Pj bupati Kuningan Raden Iip Hidayat di Gedung Wisma Permata Kuningan, Minggu (18/2/2024). Foto: Istimewa.

Bagikan:

Rekamjabar.com (Kuningan) – Mahasiswa dan mahasiswi UIN Sunan Gunung Djati Bandung asal Kuningan yang tergabung dalam Keluarga Mahasiswa Kuningan (Kamuning) gelar Try Out UMPTKIN dan Seminar Beasiswa untuk para pelajar tingkat SMA/SMK yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi, Minggu (18/2/2024).

Menurut Ketua Umum Kamuning Danil Rizik Billah, kegiatan yang berlangsung di Gedung Wisma Permata Kuningan itu ditujukkan sebagai sarana latihan dan ajang mencari pengalaman para pelajar dalam mengerjakan soal-soal ujian masuk perguruan tinggi. Selain itu, mahasiswa Kamuning juga turut membantu para siswa dalam belajar mengatur waktu ketika ujian serta belajar meningkatkan konsentrasi.

Selain Try Out dan Seminar Beasiswa, mahasiswa Kamuning juga melakukan sosialisasi terkait dunia kampus ke setiap SMA/SMK di Kabupaten Kuningan. Hal itu dilakukan karena mereka melihat masih banyak siswa-siswi di berbagai sekolah yang belum mengetahui alur pendaftaran perguruan tinggi,

Dalam sambutannya, Ketua Umum Kamuning Danil Riziq Billah mengatakan bahwa program tersebut dilaksanakan dalam upaya kontribusi untuk memajukan Kabupaten Kuningan pada bidang pendidikan. Dirinya berharap para siswa dan siswi yang mengikuti try out dan seminar tersebut dapat melihat peluang pendidikan untuk diri mereka sendiri nantinya.

“Saya pribadi mengucapkan banyak terima kasih atas dukungan dari semua pihak untuk membantu memajukan Pendidikan di Kuningan supaya kelas 12 SMA mempunyai ambisi (untuk) bisa melanjutkan pendidikannya karena pada kegiatan ini kita akan mengadakan TRY OUT UM-PTKIN dan Seminar beasiswa yang merupakan sebuah peluang bagi calon mahasiwa yang ingin melanjutkan perguruan tinggi dan harapannya semoga siswa/siswi bisa melanjutkan ke perguruan tinggi dan bisa menjadi orang hebat/sukses,” katanya.

Selain itu, Raden Iip Hidayat selaku Pj Bupati Kuningan yang turut hadir dalam kegiatan tersebut menyatakan kebanggaannya terhadap Kamuning atas berbagai program yang sudah dilaksanakan mulai dari sosialisasi kepada para siswa sampai try out.

“Saya sangat berharap bahwa kegiatan ini akan menginspirasi siswa dan siswi serta memberi informasi kepada mereka bahwa semua orang memiliki kesempatan yang sama untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Perlu diingat juga bahwa tujuan utama kuliah itu bukan hanya untuk mendapat pekerjaan yang layak tapi juga untuk membentuk mental mahasiswa agar bisa mempunyai kehidupan yang baik. Dengan tercapainya mental yang baik akan membantu setiap individu mendapatkan pekerjaan yang bermutu dan bermanfaat bagi masyarakat sekitar,” kata Iip.

Iip juga berpesan kepada peserta untuk memperkuat karakter mereka dalam menempuh pendidikan tinggi, ia menekankan pentingnya memiliki kreativitas, kemampuan memecahkan masalah, rajin belajar, kritis, disiplin, serta kemampuan berkomunikasi yang baik. Selain itu, dia juga menyarankan supaya mereka siap mengambil risiko, bekerja keras, memiliki integritas tinggi, sikap toleransi, mencintai sesama, serta memiliki fleksibilitas dalam berinteraksi. (hafidz)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top