Budaya Sunda: Keindahan dan Kekayaan Tradisi

Potret Suku Baduy Banten, suku Sunda asli yang masih mempertahankan budaya Sunda dengan keindahan dan kekayaan tradisinya. Foto: Kapanlagi.com.

Bagikan:

Rekamjabar.com – Budaya Sunda adalah warisan penting yang telah tumbuh dan bertahan dalam masyarakat Sunda. Budaya Sunda kaya akan keindahan dan kekayaan tradisi. Budaya Sunda terkenal dengan sopan santunnya. Kelembutan, religiusitas dan spiritualitas yang mendalam adalah ciri khas orang Sunda. Mari kita pelajari lebih lanjut tentang keragaman budaya Sunda.

Baca Juga: Disbudpar Kota Bandung Gelar Fun Bike Tribute to Ir. Soekarno, 600 Pesepeda Gowes Santai Kenang Sejarah Bung Karno di Bandung

Etos Budaya Sunda

Etos budaya Sunda mengajarkan nilai-nilai luhur, seperti istilah Cageur, Bageur, Bener, Siger. “Cageur” berarti sehat secara fisik dan mental. Budaya Sunda mengajarkan masyarakat Sunda untuk menghargai kesehatan fisik dan mental. Istilah “Bageur” mengacu pada sikap baik terhadap orang lain. Mereka ramah, tidak pelit dan selalu siap membantu orang lain. “Bener” berarti menjaga kebenaran dan integritas dengan berpegang pada prinsip yang jujur dan tidak melakukan sesuatu dengan asal-asalan dan terakhir “Singer” yang berarti berhati-hati, teliti dan penuh kasih sayang termasuk menerima kritik dengan lapang dada dan menghargai pendapat orang lain.

Potret kreatif masyarakat Sunda Baduy, menggambarkan Etos dan nilai budaya Sunda. Foto: Dok. Humas Kemenparekraf.

Nilai Budaya Sunda

Nilai budaya Sunda diantaranya seperti kesopanan, rendah hati, kasih sayang dan saling menghormati menjadi budaya orang Sunda. Orang Sunda mengutamakan sopan santun dan menghormati orang lain. Mereka rendah hati dan selalu berusaha menjadi yang terbaik. Orang Sunda juga saling menyayangi dan melindungi satu sama lain serta saling menghormati sesama.

Baca: Ragam Budaya Sunda beserta Penjelasan dan Contohnya

Kekayaan Tradisi

Salah satu budaya Sunda, kesenian wayang golek. Foto: pinteres.co.

Budaya bukan hanya tentang adat dan kebiasaan masyarakatnya namun juga mencakup tradisinya. Budaya Sunda memiliki banyak kesenian tradisional, seperti:
– Wayang Golek adalah permainan boneka kayu yang menggabungkan cerita epik Ramayana dan Mahabharata.
– Jaipong adalah tarian tradisional Sunda yang enerjik yang menggabungkan gerakan lincah dengan musik tradisional.

Spiritualitas dan Kebijaksanaan

Salah satu budaya Sunda, tradisi Seren Taun. Foto: infobudaya.net.

Meskipun kebanyakan orang Sunda beragama Islam mereka masih menganut kepercayaan spiritual tradisional Sunda yang dikenal sebagai Sunda Wiwitan. Konsep ini mengajarkan keselarasan hidup dengan alam semesta.

Kesimpulannya budaya Sunda adalah bagian penting dari budaya Nusantara. Keragaman budaya Sunda harus dilestarikan dan terus menghargai tradisi ini. (niko)

2 thoughts on “Budaya Sunda: Keindahan dan Kekayaan Tradisi”

  1. Pingback: Pemkot Bandung Bakal Jadikan Teras Sunda Cibiru dan Pasir Kunci Jadi Wisata Unggulan Bandung Timur

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top